Berbagai Macam Media yang Digunakan dalam Penjumlahan
Bagi siswa sekolah dasar, penjumlahan terhadap suatu bilangan terkadang menjadi sesuatu yang sangat sulit. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami penjumlahan. Media ini digunakan untuk membawa siswa mengenal secara nyata konsep penjumlahan. Media yang dapat digunakan antara lain:
1. Himpunan dengan Benda Konkrit
Benda konkrit yang digunakan adalah jeruk, apel, lidi, sedotan dan juga benda yang terdapat pada alam sekitar.
2. Tangga Garis Bilangan
Alat peraga ini dapat kita buat dari kertas manila, kertas karton atau kertas tebal lainnya yang cukup kuat. Kertasnya memanjang seperti pita dan di bagian atasnya digambar garis bilangan dengan tangga-tangganya.
Tangga-tangga ini adalah batas ruas garis pada garis bilangan itu. Buatlah gambar orang yang sedang berjalan dari kertas lain kemudian tempelkan pada kotak yang diinginkan seperti gambar di bawah ini :
Gambar 1. Tangga garis bilangan
3. Timbangan Bilangan / Neraca Bilangan
Timbangan bilangan atau neraca bilangan dapat digunakan dalam penjumlahan. Timbangan terdiri dari lengan, jarum penunjuk, pemberat atau anak timbangan, tiang dan kaki.
Gambar 2 : Neraca Bilangan
4. Papan Planel
Papan ini terdiri dari sebuah papan datar atau tripleks yang agak tebal atau teakblok dan dibungkus oleh kain planel. Kemudian benda-benda yang akan ditempelkan dibuat dari bahan yang tipis dan datar dan dari kertas atau tripleks yang di bagian belakangnya ditempelkan amplas kasar menghadap keluar. Benda-benda yang memakai amplas ini diharuskan dapat menempel pada permukaan papan planel.
Gambar 3. Papan Planel
5. Blok Model Dienes
Alat peraga ini dikembangkan oleh Zoltan P. Dienes yang bertujuan
memahami konsep dari bilangan dan nilai tempat. Blok model Dienes ini
dapat kita buat dari balok kayu.Untuk bilangan dasar 10 (sepuluh), blok
model Dienes ini terdiri atas satuan (berupa dadu kecil). Puluhan (berupa
batang), ratusan (berupa balok) dan ribuan (berupa kubus besar).
Gambar :
Gambar 4. Blok model Dienes
Cara Penggunaan Media Penjumlahan
1. Himpunan Benda Konkrit
Langkah-langkah pembelajaran atau aktivitas “3 + 2” :
a. Mulailah dengan menggunakan benda yang dikenal baik oleh siswa misalnya, lidi, sedotan dan lain-lain.
b. Setiap anak harus mempunyai benda tersebut, anak disuruh mengambil 3 (tiga) lidi dan guru menunjukkan bahwa itu merupakan himpunan pertama dan menuliskan lambangnya di papan tulis
c. Anak disuruh mengambil 2 (dua) lidi dan guru menunjukkan bahwa itumerupakan himpunan ke dua dan menuliskan lambangnya di papan tulis
d. Guru menyuruh anak untuk menggabungkan kedua himpunan tadi lalu menghitung jumlahnya
e. Guru menuliskan tanda dan jumlahnya (3 + 2 = 5)
3 + 2 = 5
Gambar 5. Lidi “3 + 2 = 5”
f. Lakukanlah beberapa kali agar anak paham tentang konsep penjumlahan dan gunakan berbagai macam benda agar anak tidak merasa bosan.
Aktivitas di atas dimaksudkan untuk mengajarkan atau menanamkan konsep penjumlahan sebagai gabungan dari dua himpunan. Penganekaan aktivitas ini sangat diperlukan untuk memantapkan penanaman konsep penjumlahan. Perlu ditekankan akan keberadaan benda konkrit dalam melaksanakan aktivitas ini. Kalau benda yang akan dijadikan sebagai alat belajarnya adalah mainan, maka guru mengupayakan mainan itu secaranyata di depan siswa.
2. Tangga Garis Bilangan
Langkah-langkah pembelajaran atau aktivitas “3+2“ :
a. Guru menyuruh siswa A untuk menempelkan gambar orang pada tangga garis bilangan dimulai dari 0 (nol). Guru menanyakan kepada siswa “berapa kotak satuan angkanya?”
Siswa: “3 (tiga) ”
b. Guru menyuruh siswa B untuk melakukan kegiatan pertama (kegiatan A) berapa siswa B melangkah ? siswa : “2 (dua)” siapakah yang paling jauh?
Siswa : “ siswa (A) “
c. Kemudian siswa C disuruh melangkah dari 0 (nol) sampai 3 (tiga) lalu melangkah lagi sampai ke 5 (lima). Apa yang terjadi ? (jawab : 3+2 = 5)
Gambar 6. Tangga garis bilangan “3 + 2 = 5” |
Di sini dapat dilihat bahwa 3 + 2 = 5. Cobalah kepada beberapa anak, sehingga konsep penjumlahan akan tertanam dalam diri anak. Selain itu anak tidak merasa bosan karena di dalamnya anak ikut melakukan aktivitas.
3. Timbangan Bilangan atau Neraca Bilangan
Langkah-langkah pembelajaran atau aktivitas belajar “3+2” :
a. Perkenalkan timbangan bilangan pada anak beserta bagian-bagiannya
b. Ambillah satu keping anak timbangan letakkan posisi 3 (tiga) pada sebelah kiri, kemudian ambil satu keping lagi pada posisi 2 (dua) sebelah kiri (dengan demikian timbangan tidak setimbang lagi), tangan-tangan sebelah kiri ke bawah
c. Agar timbangan setimbang lagi maka kita harus menempatkan satu keping anak timbangan pada posisi 5 (lima) di tangan sebelah kanan. Ini menunjukkan 3 + 2 = 5
Gambar:
Gambar 7. Neraca Bilangan yang menunjukkan “3 + 2 = 5”
d. Apakah sama menyimpan satu keping timbangan pada posisi lima dengan lima keping pada posisi satu ? jawab : “sama” Suruhlah anak yang lain untuk mencobanya, sehingga anak akan menemukan sendiri konsep penjumlahan. Lakukanlah beberapa kali agarkonsep yang didapat dapat tertanam baik pada pikiran mereka dan tidak cepat hilang.
4. Papan Planel
Langkah-langkah pembelajaran atau aktivitas belajar “3+2” :
a. Kenalkan papan planel beserta cara penggunaannya
b. Suruhlah anak untuk menempelkan 3 buah gambar bintang pada himpunan di sebelah kiri
c. Suruhlah anak yang lain untuk menempelkan 2 gambar bintang pada himpunan sebelah kanan.
Gambar 8. Papan planel “3 + 2 = 5”
d. Gabungkan dua himpunan tersebut? Berapa jumlahnya? 3+2 = 5
Bentuklah beberapa kelompok, dan buatlah suatu permainan dan berilah soal pada tiap kelompok, anggota pada kelompok harus bekerja sama sehingga semua ikut aktif dalam permainan itu. Guru hanya membimbing saja, dan berilah penghargaan pada kelompok yang menang.
Dengan begitu anak akan menjadi senang dan tidak merasa bosan sehingga
konsep penjumlahan dapat diterima baik oleh siswa.
5. Balok Model Dienes
Langkah-langkah pembelajaran atau aktivitas mengajar “3+2” :
a. sediakan balok model Dienes yang berupa kayu dadu kecil (satuan)
b. anak disuruh mengambil 3 (tiga) balok, kemudian disuruh untuk mengambil lagi 2 (dua) balok satuan
c. anak disuruh menghitung balok yang sudah diambil, guru sambil menuliskan lambangnya dipapan tulis.
Gambar :
0 komentar:
Posting Komentar