RSS

Sabtu, 12 November 2011

Alat Peraga Matematika

Tingkat Sekolah Dasar

Timbangan Matematika/Timbangan Bilangan
Berfungsi untuk memperagakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan asli.

Pengubinan
Berfungsi untuk menemukan pola-pola pengubinan dan meningkatkan kreativitas serta daya tarik siswa terhadap keindahan pola serta dapat mengembangkan daya khayal dan daya tanggap siswa terhadap komposisi bangun-bangun geometri.

Papan Flanel
Berfungsi sebagai sarana atau alat bantu guru untuk memperagakan topik-topik yang menggunakan peraga yang dibuat dari kain flanel atau berlapiskan busa tipis.

Pengenalan Lambang Bilangan
Alat peraga pengenalan lambang bilangan terdiri dari bermacam-macam kartu bergambar dan kartu angka yang pada bagian belakangnya dilapisi dengan busa tipis. digunakan bersama-sama dengan papan flanel, fungsinya pengenalan konsep bilangan.

Dekak-Dekak
Berfungsi menjelaskan nilai tempat, memperagakan operasi penjumlahan, dan pengurangan pada bilangan asli.

Volume Balok
Berfungsi untuk penanaman konsep volume balok.

Volume Kubus
Berfungsi untuk penanaman konsep volume kubus.

Volume Kerucut
Berfungsi untuk menunjukkan kebenaran bahwa volume kerucut = 1/3 pr2t.

Volume Limas
Berfungsi untuk menunjukkan kebenaran bahwa volume limas = ( 1/3 x p x l x t).

Garis Bilangan
Berfungsi untuk:
(a) penanaman konsep perkalian yang merupakan penjumlahan berulang dan pembagian yang merupakan pengurangan berulang
 (b) memudahkan memahami operasi bilangan bulat.

Bangun-Bangun Datar
Berfungsi pengenalan macam-macam bangun datar.

Kartu Bilangan
Berfungsi untuk menambah ketrampilan siswa dalam memahami atau mendalami suatu materi.

Pencerminan
Berfungsi untuk menanamkan konsep pencerminan melalui praktek laboratorium. Loncat Katak, fungsi/kegunaan menemukan suatu pola bilangan dengan cara bermain.

Menara Hanoi
Berfungsi untuk menemukan barisan bilangan melalui pola bilangan dengan cara bermain teka-teki.

Pembuatan Kartu Permainan (domino)
 Kegunaannya untuk menambah ketrampilan siswa setelah mendalami/memahami suatu topik tertentu.

Papan Berpaku
Berfungsi sebagai alat bantu pengajaran matematika di Sekolah Dasar untuk menanamkan konsep/ pengertian geometri, seperti pengenalan bangun datar, pengenalan keliling bangun datar, dan menentukan/menghitung luas bangun datar.

Kaca Pencerminan
Berfungsi untuk membantu penanaman konsep pencerminan.

Blok Pecahan
Berfungsi untuk menanamkan konsep:
 (a) pecahan adalah hal yang tidak utuh
(b) menyatakan pecahan ke bentuk lain yang ekuivalen
(c) menyederhanakan pecahan
(d) membandingkan dua pecahan.

Perkalian Pecahan
Ber fungsi untuk menanamkan konsep perkalian bilangan pecahan.

Papan Bujursangkar Ajaib
Berfungsi untuk melatih daya nalar dan ketrampilan operasi penjumlahan pada Barisan Bilangan Aritmetika.

Batang Bilangan
Berfungsi  sebagai alternatif dalam pembelajaran operasi penjumlahan atau pengurangan di bawah 10 di Sekolah Dasar.

Permainan Sepakbola
Berfungsi untuk menanamkan konsep pasangan koordinat.

TINGKAT SMP

Peraga Operasi Bilangan Bulat
Berfungsi untuk memperagakan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.

Blok Logika/Blok Himpunan
Berfungsi untuk pemahaman himpunan, relasi antara himpunan dan operasi serta antara himpunan yang satu dengan himpunan yang lain.

Jumlah Sudut Bangun Datar
Berfungsi untuk memperagakan/menunjukkan secara cepat dan jelas bahwa, jumlah sudut segitiga = 180? dan jumlah sudut segiempat = 360?.

Perkalian Dua Suku Dua
Berfungsi untuk membantu siswa dalam memahami pengertian jumlah kuadrat dua variabel  dengan menggunakan luasan bangun datar.

Kuadrat Selisih (a-b)2 = a2-2ab+b2
Berfungsi untuk membantu siswa dalam memahami pengertian kuadrat selisih dua variabel dengan menggunakan luasan bangun datar.

Kuadrat Jumlah 3 Variabel (a+b+c)2 = a2+b2+c2+2ab+2ac+2bc
Berfungsi untuk membantu siswa dalam memahami pengertian jumlah kuadrat tiga variabel dengan menggunakan luasan bangun.

Selisih Kuadrat (a+b).(a-b) = a2-b2
Berfungsi untukmembantu siswa dalam memahami pengertian selisih kuadrat dua variabel dengan menggunakan luasan bangun datar.

Pangkat Tiga Jumlah 2 Variabel (a + b)3 = a3 + 3a2b + 3ab2 + b3
Berfungsi untuk membantu siswa dalam memahami pengertian pangkat tiga jumlah dua variabel dengan menggunakan volum bangun ruang.

Model Pythagoras
Berfungsi untuk menunjukkan kebenaran rumus Pythagoras bahwa kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi siku-sikunya.

TINGKAT SMA

Papan Lukis Parabola
Berfungsi/ kegunaan untuk membantu menanamkan konsep dalam melukis parabola.

Papan Lukis Ellips
Berfungsi/kegunaan untuk membantu menanamkan konsep dalam melukis ellips.

Logika Listrik Untuk Disjungsi
Berfungsi/kegunaan untuk membantu menanamkan konsep mengenai pengertian disjungsi .

Logika Listrik Untuk Konjungsi
Berfungsi/kegunaan untuk membantu menanamkan konsep mengenai pengertian konjungsi .

Logika Listrik Untuk Implikasi
Berfungsi/kegunaan untuk membantu menanamkan konsep mengenai pengertian implikasi.

Logika Listrik Untuk Biimplikasi
Berfungsi/kegunaan untuk membantu menanamkan konsep mengenai pengertian bimplikasi.

Klinometer
Berfungsi/kegunaan untuk mengajarkan pengukuran tak langsung melalui kegiatan lapangan.

Pola Sudut
Berfungsi/kegunaan untuk menemukan barisan bilangan melalui alat peraga, yaitu dengan mencari banyak sudut yang dapat dibentuk oleh n buah sinar yang berpangkal di titik O.

Sesatan Hexagon, fungsi/kegunaan untuk mengetahui peluang kejadian suatu percobaan.

Kartu Fungsi Kuadrat – Grafik
Bertujuan untuk melatih keterampilan siswa tentang grafik fungsi kuadrat dan sifat-sifat aljabarnya.

Model Pusingan
Bertujuan untuk membantu pemahaman konsep probabilitas empiris (berdasar hasil percobaan) dengan mencari frekuensi relatifnya.

Trigmaster
Berfungsi/kegunaan untuk menentukan nilai sinus dan cosinus suatu sudut.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih INFOnya

Unknown mengatakan...

meneangkang dan asyik boy leniusnebby biyory

Unknown mengatakan...

/home/lenius/Pictures/347f0a4d_o.jpeg/home/lenius/Pictures/347f0a4d_o.jpeg/home/lenius/Dokumen/Downloads/35908_102709796445870_3855291_n.jpg

Posting Komentar